Cara Mendapatkan Domain Dan Sewa Hosting

Panduan Cara Mendapatkan Domain Dan Sewa Hosting

Bagaimana cara mendapatkan domain dan sewa hosting?

Keduanya sebenarnya menyewa, baik domain maupun hosting. Untuk domain, biasanya kita menyewa tahunan, sementara untuk hosting bisa bulanan, semesteran, dan juga tahunan. Sewa hosting memang lebih fleksibel.

Bagaimana cara mendapatkan domain?

Cara mendapatkan domain sebenarnya mudah, kita cukup mendaftarkan domain yang sudah kita rencanakan. Tapi kita hanya bisa mendaftarkan domain yang belum pernah digunakan oleh orang lain. Misalnya saat kami mendaftarkan wartajasa.com ternyata bisa karena belum ada yang menggunakannya.

Nah, kalau Anda mau mendaftarkan wartajasa.com tentu tidak bisa, kecuali Anda mengambil alih kepemilikan kami. Solusinya ada 2

  1. Cari nama domain lain
  2. Cari ekstensi lain. Karena ekstensi .com sudah kami gunakan, Anda bisa mencoba mendaftarkan dengan ekstensi .net misalnya, sehingga domain menjadi wartajasa.net.
  3. Jika ekstensi lain sudah digunakan, coba lagi ekstensi yang lainnya lagi dan seterusnya. Jika ternyata semua ekstensi sudah digunakan untuk domain tersebut, maka tidak ada pilihan lain kecuali mengganti domain Anda.

Domain tidak bisa diganti-ganti, sekali Anda mendaftarkan maka sampai domain habis Anda tetap menggunakan domain tersebut. Jika Anda mau mengganti artinya Anda menyewa domain baru dengan harga sewa yang full untuk 1 tahun.

Pergantian domain sebenarnya banyak konsekuensinya. Domain itu brand, sehingga Anda harus mengenalkan brand baru dari nol. Domain juga berkaitan dengan SEO, saat Anda memutuskan ganti domain, maka kekuatan SEOnya akan kembali ke domain baru.

Kecuali Anda menggunakan teknik redirect yang cukup rumit (advance). Jadi saran kami, pikirkan dengan matang domain yang akan digunakan daripada repot mengganti yang baru.

Sewa Hosting

Sewa hosting ibaratnya kita menyewa sebuah tempat, harganya akan tergantung kapasitas dan fasilitas yang ada. Harganya cukup variasi.

Sebelum kami jelaskan cara menyewa domain dan hosting, perlu diketahui bahwa jenis hosting itu ada beberapa macam. Silahkan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Yang pertama adalah shared hosting. Paling murah dan paling mudah untuk mengelolanya. Jadi cocok untuk pemula. Kalau untuk perusahaan, pertimbangkan dulu. Kecuali hanya sekedar membuat portfolio.

Tentu akan memiliki keterbatasan, karena hosting Anda berbagi dengan pengguna lain. Jika website Anda kerjanya sangat sibuk dan mengganggu “tetangga” maka Anda bisa diusir atau disarankan meningkatkan jenis hosting Anda.

Yang kedua server. Artinya Anda punya server sendiri. Dikenal juga dengan nama Dedicated Hosting. Keunggulannya jelas Anda lebih leluasa. Tapi bisa ditebak, harganya memang mahal.

Pertengahan yang kedua dan ketiga disebut Virtual Private Server (VPS). Harganya tengah-tengah antara Shared dan Server. Bagi Anda yang ingin lebih leluasa tetapi anggaran terbatas, bisa memilih VPS.

Yang keempat disebut dengan cloud hosting. Ini teknologi baru, dimana Cloudhosting atau komputasi awan tidak bekerja pada satu server saja, tapi banyak titik yang tersebar di seluruh dunia. Harganya lebih mahal dibanding shared.

Ada juga yang disebut cloud VPS, yaitu gabungan teknologi cloud dan VPS. Ini lebih bagus lagi.

Bagaimana dengan reseller hosting? Jenis hosting dimana kita bisa menjual lagi hosting ke orang lain. Anda bisa membeli dalam kapasitas besar, kemudian dipaket-paket untuk dijual kembali dalam paket kecil.

OK, Anda sedikit banyak sudah ada gambaran tentang domain dan hosting.

Cara Menyewa Domain dan Hosting

Menyewa domain dan hosting bisa dari tempat yang terpisah, tapi untuk lebih mudahnya mendingan dari 1 tempat saja. Saran kami melalui penyedia jasa hosting yang kami tunjuk dibawah ini.

Berikut langkah demi langkah cara menyewa domain dan hosting. Sebagai info, panduan dibawah ini Anda akan mendapatkan Domain Gratis jika order hosting langsung 1 tahun. Jadi saran kami, pesan yang 1 tahun agar dapat domain gratis. Plus diskonnya pun besar jika 1 tahun.

Langkah #1: Buka Penyedia Domain dan Hosting, KLIK Disini.

Langkah #2: Pilih paket. Untuk contoh, misalnya Anda pesan Shared Hosting

paket hosting

Saran: pilih Personal atau Bisnis (dikson paling besar saat panduan ini ditulis).

Langkah #3: Order

order personal

Klik tulisan diskon 50% (atau mungkin tulisan Pesan disini/pilih sekarang).

Langkah #4: Pilih Paket

Pastikan pilih paket Personal/Bisnis dengan durasi 1 tahun agar mendapatkan

  • diskon 50%
  • Domain gratis
  • SSL gratis

Klik tombol Selanjutnya

Langkah #5: Pilih Domain

Masukan domain rencana Anda, kemudian klik Cari Domain. Jika tidak bisa, ganti domain dan/atau ekstensi.

Ternyata harus bayar? Tenang, nanti akan dicoret. Ikuti saja dulu petunjuknya. Klik Tambah ke Cart.

Dibawah ada beberapa rekomendasi, jika bingung, abaikan saja.

Perhatikan kolom di kanan atas

Perhatikan, harga domain Rp 115.000 dicoret jadi nol. Jadi benar gratis. Kalau pajak, ya tidak bisa dihindari.

Scroll ke bawah, klik Selanjutnya

Langkah #6: Daftar atau Login

Kalau Anda sudah punya akun, Anda tinggal login. Jika belum, Klik Selanjutnya untuk mendaftar. Anda akan diminta mengisi data. Isi saja dengan data yg benar dan lengkap.

Setelah benar dan lengkap, termasuk metode pembayaran, silahkan KLIK Checkout

Cek email Anda, kemudian lakukan pembayaran dan konfirmasi sesuai dengan petunjuk di email.

Mudah bukan?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...